Gunung Pusuk Buhit Sumatera Utara

Posted by Mike Fransisko On 08.15 2 comments



http://best-klikinfo.blogspot.com/
Seginimzoixz- Pusuk Buhit adalah tempat dimana dahulu kala  Raja Batak ada dan berdoa di  tempat paling tinggi, diantara gunung yang menggelilingi Pulau  Samosir. Menurut mitos yang sudah turun temurun dipercaya bahwa tempat tertinggi inilah mula  suku Batak. Tidak asing lagi bagi kita pada umumnya  mempercayai dan pasti mengetahui cerita atau sejarah Pusuk  Buhit. Gunung ini memiliki daya mistis yang sangat besar.

Menurut Uli Kozok, dalam Aschim Sibeth, The Batak, di tanah Batak telah bermukim kelompok manusia pemburu, nomadic hunters, di zaman Palaeolithic. Namun ledakan gunung toba sekitar 75.000 tahun yang lalu telah mengganggu habitat mereka. Ledakan tersebut mengeluarkan lava dan magma sampai ke Sri Langka dan Selat Bengal. 30.000 tahun yang lalu, penduduk pulau ini digoncang dengan ledakan yang kedua. Ledakan tersebut mengakibatkan terbentuknya pulau Samosir di bekas danau ledakan pertama yang disebut Tao Toba.

Pusuk Buhit merupakan kebanggaan suku Batak , khususnya yang berasal dari daerah Samosir dan sekitarnya. Daerah wisata  ini sangat menakjubkan alamnya sungguh indah dan memberi kenyamanan bagi setiap orang yang berwisata. Saya sering berkunjung ke daerah ini untuk berwisata baik pada masa muda maupun setelah berkeluarga, bahkan pada September 2010  kami dari Kampus mengadakan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 1 Pangururan, Kabupaten Samosir sebagai tugas pokok Tri Dharma  Perguruan Tinggi.

Dari kota Pangururan sudah kelihatan Pusuk Buhit begitu tinggi dan kelihatannya Pusuk Buhit mengeluarkan asap, disekitar Pusuk Buhit banyak ditumbuhi pinus dan rumput. Disana banyak sekali pemandian air panas. Waktu saya berkunjung ke daerah ini beserta keluarga saya, kami semua ingin pergi ke tempat pemandian air panas. Setelah sampai di tempat pemandian air panas, banyak sekali orang yang berada di pemandian air panas.

Tak disangka bahwa wisatawan  banyak berkunjung ke daerah tersebut dimana alam yang indah dan pemandian air panas serta bisa juga menikmati wisata kuliner seperti makan mie gomak dan telur itik yang direbus,  ikan mas dan ikan mujair yang  diarsik. Karena keindahan Pusuk Buhit ditambah dengan Danau Toba yang sangat indah pemandangannya maka tempat ini merupakan daerah wisata yang sangat fantastik.

Umumnya orang Batak percaya kalau Siraja Batak diturunkan langsung di Pusuk Buhit, sebuah bekas gunung  vulkanis dekat Pangururan. Siraja Batak kemudian membangun perkampungan di salah satu lembah gunung tersebut dengan nama Sianjur Mula-mula. Sianjur Mula Tompa yang masih dapat dikunjungi sampai saat ini sebagai model perkampungan pertama. Letak perkampungan itu berada di garis lingkar Pusuk Buhit. Di lembah Sagala dan Limbong Mulana. Ada dua arah jalan daratan menuju Pusuk Buhit. Satu dari arah Tomok (bagian Timur) dan satu lagi dari dataran tinggi Tele.

Sungguh suatu pengalaman yang berharga dan tak terlupakan melihat sebuah gunung Pusuk Buhit ini.  Jika anda ingin melihat Pusuk Bukit anda bisa datang atau berkunjung ke Danau Toba. Dari Danau Toba saja anda sudah bisa melihat Pusuk Bukit secara langsung. Jika tidak mau melihat dari Danau Toba anda bisa melewati Tele. Dari Tele anda juga bisa menginjakkan kaki anda ke Pusuk Bukit.

Tetapi kalau anda melewati Danau Toba anda sangat payah untuk menginjakkan kaki di Pusuk Bukit karena jalan dari Danau Toba tidak ada untuk pergi ke Pusuk Bukit.  Anda harus menyebrang dari Danau Toba lalu pergi ke Pulau Samosir. Dari  Pangururan ada jalan yang mau ke Tele dan belok kanan lalu dari sana anda dapat pergi ke Pusuk Buhit.

Sebelum menaiki puncak Pusuk Buhit Anda perlu berkeliling lingkar jalan  tersebut sambil menikmati pemandangan ke kawasan hijau lembah, bukit,  dan arah Danau Toba. Celah di bagian lingkar Timur Pusuk Buhit juga ada  air hangat yang mengandung belerang jika angin pegunungan Bukit  Barisan ternyata membuat badan semakin dingin menjelang malam.

Setelah itu Anda dapat meneruskan rencana mencapai puncak Pusuk  Buhit lewat jalan dan petunjuk dari perkampungan itu. Ketinggian Pusuk  Buhit mencapai 1077 meter dari permukaan danau. Semoga dari puncak  Pusuk Buhit Anda merasa akan dapat mencapai langit waktu bintang- bintang berkedipan di angkasa sebelum matahari terbit.

 Wah ternyata Indonesia memiliki banyak sejarah yach, emang Indonesia adalah Negara yang terkaya di selurum jagat raya, tp kaya sejarah,,hehehe,, selamat berkunjung semoga bisa menikmati suasana yang asik.

2 komentar:

ORANG TOBA: DNA, Negeri, Budaya, dan Asal-usulnya
http://www.lintasgayo.com/53595/orang-toba-dna-negeri-budaya-dan-asal-usulnya.html
http://sopopanisioan.blogspot.com/2015/02/orang-toba-dna-negeri-budaya-dan-asal.html
http://apakabarsidimpuan.com/2015/03/orang-toba-dna-negeri-budaya-dan-asal-usulnya/
http://www.mahasiswabatak.com/2015/03/orang-toba-dna-negeri-budaya-dan-asal.html

ORANG TOBA: DNA, Negeri, Budaya, dan Asal-usulnya
http://www.lintasgayo.com/53595/orang-toba-dna-negeri-budaya-dan-asal-usulnya.html
http://sopopanisioan.blogspot.com/2015/02/orang-toba-dna-negeri-budaya-dan-asal.html
http://apakabarsidimpuan.com/2015/03/orang-toba-dna-negeri-budaya-dan-asal-usulnya/
http://www.mahasiswabatak.com/2015/03/orang-toba-dna-negeri-budaya-dan-asal.html

Posting Komentar