Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat

Posted by Mike Fransisko On 10.01 No comments

 
 
 
Seginimzoixz- Kebun Raya Bogor merupakan wisata alam terluas, kenapa dibilang luas?? karena luas area nya saja mencapai 87 Ha… cukup luas bukan, sebelum membahas lebih jauh ada baiknya kenali dulu sejarah dari kebun raya ini.

Pada awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani, tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Dengan bantuan para ahli botani, W. Kent, yang ikut membangun Kew Garden di London, Raffles menyulap halaman istana menjadi taman bergaya Inggris klasik. Inilah awal mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya sekarang.

Pada tanggal 15 April 1817 Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt yang seseorang berkebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda dan menjadi ilmuwan botani dan kimia mencetuskan gagasannya untuk mendirikan Kebun Botani yang disampaikan kepada G.A.G.P. Baron Van Der Capellen,Komisaris Jendral Hindia Belanda dan beliau akhirnya menyetujui gagasan Reinwardt. Kebun Botani ini didirikan di samping Istana Gubernur Jendral di Bogor pada tanggal 18 Mei 1817, dilakukan pemancangan patok pertama yang menandai berdirinya Kebun Raya yang diberi nama ‘Slands Plantentiun te Buitenzorg’. Berdirinya Kebun Raya ini menandai tegaknya kekuasaan Belanda dengan dimulainya kegiatan ilmu pengetahun Biologi, terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi.

Ada yang mengatakan bahwa berkunjung ke Kota Bogor tidak lengkap kalau tidak mengunjungi Kebun Raya Bogor yang terletak di pusat kota Bogor yang jaraknya juga tidak jauh dari Stasiun KA Bogor. Sebuah tempat yang kaya akan koleksi tanaman karena telah dikembangkan sejak zaman penjajahan Inggris dan Belanda. Kebun Raya Bogor menawarkan lebih dari 400 jenis pohon palem, 5.000 pohon yang dikumpulkan dari seluruh negara tropis, dan sebuah rumah anggrek yang mempunyai 3.000 varietas. Catatan menunjukkan bahwa Kebun Raya Bogor merupakan pelabuhan bagi 3.504 jenis tumbuhan, 1.273 genus dalam 199 keluarga. Selain berwisata sekaligus kita dapat belajar tentunya.

Sepanjang jalan mengeilingi Kebun Raya Bogor banyak sekali pohon tua yang berukuran besar dan membuat suasana tampak sejuk dan nyaman untuk bersantai. Pohon-pohon raksasa dan berumur ratusan tahun ini cukup menarik untuk diamati dan menjadi objek fotografi. Untuk bisa menikmati suasana kebun raya ini kita cukup mengeluarkan dana sebesar Rp10.000,00...

Selamat berkunjung dan berliburan bersama keluarga tercinta semoga bisa menikmati dan membuat pikiran anda kembali normal setelah berhari - hari kerja keras. utamakan keselamatan dalam berwisata kemanapun anda pergi.

0 komentar:

Posting Komentar